31 Jan 11


Sekedar sharing pengalaman saya menguruskan ijazah SD milik putra dari salah seorang teman saya.

Syarat-syarat pengurusan ijazah yang hilang :

  • Surat Permohonan dari Kepala Sekolah (Surat Keterangan)
  • Surat Keterangan dari Kepolisian (Surat Kehilangan) –> mengurus surat ini di (daerah/kota) tempat hilangnya ijazah
  • Foto Copy STTB
  • Foto Copy Induk Sekolah (FC. Buku Induk Sekolah, hanya bagian yang ada identitas siswa tersebut)
  • Foto Hitam Putih 2 lembar –> untuk nantinya di tempel di ijazah pengganti
  • Surat Pernyataan dari Siswa yang kehilangan

* Untuk jaga-jaga, sebaiknya buat rangkap 3 utk masing-masing fotocopy diatas

Contoh Format Surat Pernyataan dari Siswa yang kehilangan sbb :

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                      : ……….
Tempat, Tanggal Lahir    : ……….
Alamat                                   : ……….
Nama Orang Tua                : ……….

Menerangkan bahwa telah kehilangan ijazah SD (SD Muhammadiyah 107 Surabaya) tahun ajaran 2007.
Demikian keterangan ini saya buat sesuai dengan apa adanya.
Surabaya, 17 Januari 2011
Hormat Saya,
…….tanda tangan disini……..

(Nama Siswa yg kehilangan)

Adapun Alur Pengurusannya sbb :

  1. Ke Sekolah (SD/SMP/SMA) asal untuk memenuhi persyaratan-persayaratan di atas
  2. Bawa persyaratan2 tersebut ke Dinas Pendidikan Tingkat Kecamatan (Dinas Cabang)
  3. Lalu ke Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten (utk ambil formulir, dll)
  4. Lalu ke Sekolah asal untuk mengisi Blanko Ijazah & minta tanda tangan kepala sekolah
  5. Minta tanda tangan ke Dinas Cabang (Dinas Pendidikan Tingkat Kecamatan)
  6. Minta tanda tangan ke Dinas Pendidikan Tingkat Kabupaten
  7. Tunggu Ijazah Keluar. Selesai

Oiya, selama pengurusan ini, Siswa yang bersangkutan tidak perlu ikut. Dan mengenai biaya, jika tidak diminta maka ga usah dikasih… tetapi jika diminta, maka tanya aja langsung berapa biaya yang diminta.

Pengalaman saya mengurus ini, biaya itu diminta ketika Dinas Cabang (klo tdk salah diminta 3.000 rupiah) dan ketika ambil Formulir (lebih tepatnya Blanko Ijazah Pengganti) di Dinas Pendidikan Kabupaten tp yg ini saya ga tau biayanya krn kebetulan teman saya yg mengambilkan.

Semoga bermanfaat…

Share

Filed under: Tulisanku

Trackback Uri


98 Comments.

  • UPHI says:

    k .. waktu smp nih aku pernah coret nama ayahku di ijasah sdku karena nama ayah yang tercantum di ijazah kakaku beda jadi kukirain salah so aku coret aja ternyata itu menyebabkan ijasah saya rusak dan harus diganti,,apakah benar harus diganti

    • abuzaid says:

      @UPHI : waduh, saya tidak tahu apakah memang benar harus diganti atau tidak. Silahkan dikonsultasikan dengan pihak yang lebih mengetahuinya ya… misal pihak sekolah atau dinas Pendidikan Cabang… Semoga bermanfaat.

  • Bara says:

    Apakah perlu materai pada surat pernyataan?
    stlh semua dilakukan, brp lama waktu dinas buat nerbitin?
    makasih min, dijawab ya, urgent nih

    • abuzaid says:

      @Bara : Saya lupa apakah dulu itu dengan materai atau tidak. Lebih validnya sih pakai materai. InsyaAllah seingat saya tidak sampai 1 minggu (asal ga ada yg mempersulit kita lho…), saya lupa tepatnya berapa hari tp yg jelas tidak sampai seminggu sudah bisa diambil pengganti ijazah yg hilang tsb.

  • romy says:

    kasus saya juga sama mas bro,apalagi sekarang marak outsourcing yg selalu ijazah buat jaminan sedangkan ijazah saya ilang matilah saya,..apakah ijazah pengganti bisa buat jaminan gak,brapa lama jadinya kira2? thanks mas bro

    • abuzaid says:

      @romy : sudah semestinya sih bisa, karena itu sama otentiknya (asli-nya) dengan ijazah kita yg hilang. Kan sama2 diterbitkan oleh Diknas juga. Malah aneh klo ada yg menolak ijazah pengganti tsb.

  • Lisa R says:

    klo yg menghilangkan dari sekolahannya gimana??
    contoh klo sekolah pernah terkena musibah misalnya kebanjiran atau kebakaran dan arsip2 yg ada hilang n rusak namun dari pihak sekolah tidak mengurusnya sedangkan kita mau mengurus ijasah karena hilang

    • abuzaid says:

      @Lisa R: klo yg menghilangkan adalah pihak sekolah, maka sudah semestinya yang menguruskan adalah pihak sekolah. Ini baru namanya sekolah yg bertanggung jawab. Tapi misal pihak sekolah tidak mau mengurusnya, maka anda bisa mengurusnya sendiri dengan langkah-langkah seperti yg saya jelaskan di tulisan ini. Coba minta surat Kehilangannya (yg dari kepolisian) agar sekolah yg mengurus krn hilangnya kan disekolah, setelah itu baru silahkan anda mengurus sisanya… Semoga membantu.

  • Khazimi says:

    Kalau mau legalisir, tapi ijazah asli hilang. Apa harus menunggu pengganti ijazah terbit?

    • abuzaid says:

      @Khazimi : Maaf, saya kurang tau apakah harus menyertakan ijazah asli atau tidak saat legalisir. Silahkan anda tanyakan langsung ke sekolah anda yah.. Makasih sudah mampir.

  • Irfan says:

    pengganti itu bisa dipakai untuk daftar kuliah kan??

    • abuzaid says:

      @Irfan : insyaAllah bisa

      @Hilmi : coba saja langsung diurus di sekolah asalnya yah. Semoga dapat informasi yang lebih lengkap.

  • Hilmi says:

    kalau ijazah asli hilang dan belum sempat di fotokopi bagaimana?

  • rizky says:

    kang apabila hilang ijazah beserta rapornya dari SD sampe SMA bagaimana kang cara penanggulangannya klo bisa hub saya ke no pribadi 087744333027

    • abuzaid says:

      @rizky : waduh, klo ijazah-nya sih insyaAllah bisa diusahakan penggantinya. Tapi klo raport saya tidak tahu apakah bisa atau tidak. Mungkin sebaiknya mas Rizky tanya langsung ke sekolahnya deh… Maaf tidak bisa bantu banyak.

  • ganang says:

    Bagaimana kalau yg hilang skhu, apa prosesnya sm??

  • rendra says:

    Gue mau sharing nieh.. Moga bisa membantu buat kawan kawan yang mau mencari kerja,, gue kehilangan ijasah bukan krn hilang fisik.. Tapi karena perusahaan gue,, gue dulu bekerja si perusahaan outsourcing.. Yang mana perusahann ini meminta ijasah kita untuk jaminan,, karena gue awam waktu itu gue kasih ajah,, tapi teryata gue tidak cocok sama dengan pekerjaanya,, jadi gue putusin keluar.. Tapi ijasah gue harus gue tebus sekitar 15 jt.. Krn denda perbulan gue sejuta bila gue kluar dibawah 2 tahun. Buat rekan rekan ini gue kasih tahu.. Perusahaan besar dan perusahaan yang bener tidak pernah meminta ijasah asli karyawanya.. Krn dia akan memberian masa percobaan dlu buat menetukan apakah km cocok dan mereka cocok. Jadi jangan sekali kali anda mau memberikan ijasah asli anda keprusahaan. Saya sudah bekerja di beberapa perusahaan tak pernah ada yg mntak ijasah asli. Dan sekrang gue nayari kerja denga fotocopy ijasah ajah. Dan biasanya para pekerja pemula yang kena jebakan ini.

  • asri says:

    cara megurus kesalahan penulisa tempat lahir diijazah sd, smp, smk bagaimana? soalny tempat lahir diijazah saya salah semua

  • asih says:

    Maaf mau nanya, ijasah mts saya hilang. Saya sudah mengurus sampai depag, setelah dari depag saya harus mengurus kemana lagi? Untuk dapat ijasah pengganti. ┏̲M̶̲̥̅̊┓̲┏̲A̶̲̥̅̊┓̲┏̲K̶̲̥̅̊┓̲┏̲A̶̲̥̅̊┓̲┏̲S̶̲̥̅̊┓̲┏̲i̶̲̥̅̊┓̲┏̲H̶̲̥̅̊┓̲, di tunggu balasannya..

  • zodiqc putra bangsa says:

    jika SKHU yang hilang bagaimana ?
    dan apakah bisa dapat penggantinya ?
    bila pun dapat, apakah penggantinya akan sama dengan yang asli ( yang telah hilang ) ???
    cara memperoleh pengghantinya bagaimana ??????

  • jannah says:

    misalkan kepala sekolahnya ganti apa kita meminta tanda tangan ke kepsek yg baru atau yg lama?? thanks

    • abuzaid says:

      @ganang dan @zodiqc putra bangsa : maaf, saya tidak tahu klo SKHU yang hilang prosesnya bagaimana. Ada baiknya ditanyakan saja ke sekolah atau ke dinas pendidikan terdekat.

      @rendra : terima kasih banyak atas sharing pengalamannya, semoga bermanfaat bagi yang lain.

      @asri : maaf, saya tidak tahu bagaimana cara pengurusan kesalahan tulis pada ijazah. Sebaiknya langsung ditanyakan pada pihak sekolah saja bagaimana cara mengurusnya.

      @asih : mohon maaf sebelumnya, mestinya dari depag kan mbak asih dapat petunjuk untuk prosedur selanjutnya kan ? Atau setidaknya langsung ditanyakan saat mengurus ke Depag tsb… karena saya tidak ada pengalaman untuk mengurus ijazah yang hilang ke depag (MI, MTs, MA).

      @jannah : insyaAllah yang baru mbak… alias yang sedang menjabat kepsek saat itu. Semoga bermanfaat…

  • panji says:

    numpang tanya, klau misalnya ijazahnya sobek” prosesnya sama gk sih?? smga sja mdah ngurusnya”

    makasih.

  • Riyan says:

    Saya mau tanya nih…
    saya punya masalah pada ijazah SMP saya, dimana nama dan tanggal lahir yang tertera pada ijazah SMP saya ini salah (tidak sesuai dengan akta kelahiran saya), namun hal itu sudah saya konsultasikan kepada pihak sekolah dan pihak sekolah memberikan solusinya dengan memberikan surat keterangan yang sudah ditandatangani oleh dinas pendidikan kabupaten tempat saya tinggal, yang jelas surat itu menerangkan bahwa nama dan tanggal lahir siswa yang bersangkutan salah dan yang sebenarnya adalah…” nah ketika saya melanjutkan ke SMA dan menamatkan SMA saya,hal serupa terjadi, ijazah SMA saya justru salah pada nama dan tempat tanggal lahirnya, namun akibat kesalahan nama tersebut saya hanya diberikan surat keterangan yang dikeluarkan langsung dari sekolah dan ditandatangani oleh kepala sekolah, tapi saya baru baru sadar mengenai keabsahannya nanti, sehingga saya ingin sekali mengganti ijazah tersebut sesuai dengan data yang terdapat dalam akta kelahiran saya, menurut saudara apa yang harus saya lakukan dan lembaga mana sajakah yang harus saya rujuk, karena saat ini saya butuh sekali untuk memperbaiki data saya diakhir study saya di SI saya khawatir ijazah SI saya malah sama bermasalah, terimakasih :)



Leave a Comment

What is 10 + 9 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)